Membahagiakan Guru Di Hari Guru Nasional 2023

Yaminsarbini.Com,- Beragam rupa unik dan nyeleneh dilakukan para siswa untuk memuliakan guru dihari guru. Bahkan dihari istimewa iti. banyak guru yang kena prank siswa, namun ada pula yang memperoleh kado spesial dari siswa spesial.

Sekadar ucapan "selamat hari guru" rasanya belum menyentuh relung yang dalam apalagi diucapakan tanpa jiwa. Bila segala profesi hadir berawal dari peran dan kebijaksanaan guru, mengapa tak ada simbol yang membuat guru lebih berseri- seri. Presiden saja mengakui bahwa berada disinggasana kekuasaan lantaran peran suci guru.

Hari ini guru berada pada persimpangan jalan yang terjal dan berliku. Mereka dituntut berjiwa besar dan pantang mengeluh.

Presiden Jokowi mengaku kaget ketika mengetahui data sebuah lembaga riset internasional bahwa tingkat stres guru jauh lebih tinggi dibandingkan dengan profesi lainnya.

Guru layaknya seperti seorang aktor film yang mampu menguasai segala peran. Bukan sekadar masuk kelas. memberi tugas lalu pulang. Bukan itu, Setumpuk pekerjaan administrasi terus menanti, membimbing siswa menjadi hebat tak pernah berhenti ,  bahkan melayani konsultasi orang tua hingga mengerti terus dihadapi.

Beban tanggung jawab terasa berat, tak sedikit guru yang kalap dan stres. Ada banyak penyebab stres guru,  pertama. perilaku siswa yang ekstra dan menyimpang. kedua. tuntutan orang tua yan berlebiban. Ketiga. perubahan kurikulum yang mengagetkan. Keempat perkembangan teknologi yang super cepat dan yang kelima, tekanan dan kebijakan yang dipaksakan.

Kalau semua profesi, jabatan dan pekerjaan karena jasa dan peran guru. Mengapa diperayaan hari guru tak ada yang menyentuh guru dengan tawa dan senyum.

Ada masa dimana setiap hotel dan restoran menyediakan tempat khusus buat guru secara cuma-cuma. Tiket pesawat. kereta api dan bus digratiskan untuk semua guru. Tempat wisata, hiburan dan bioskop memberikan layanan diskon besar bagi guru. Mal, pasar dan pusat kuliner memberikan belanja gratis untuk para guru.  ya tepatnya dihari guru. Agar beban berat guru menjadi ringan adanya. Semoga mimpi ini menjadi kenyataan.

Rjg, 26112023

0 Comments