Aksi Bullying Siswa Yang Memilukan, Kok Bisa Ya,..?

Yaminsarbini.Com,- Aksi kekerasan siswa SMP di Cimanggu Cilacap menghebohkan jagad sosial. Video 4 menit 15 detik itu menyebar cepat dan ditonton oleh jutaan pasang mata hingga menjadi perhatian UNESCO.

"Kok bisa ya...anak yang masih  belia, tega menyiksa temannya sendiri dengan hantaman pukulan yang bertubi-tubi....?" tanya seorang ibu yang gemas melihat pelaku bertopi hitam.

Komentar tajam berbau kutukan berseliweran diberbagai kanal media. Para orang tua miris menyaksikan adegan yang menguras emosi itu. Membayangkan jika kejadian itu menimpa anak kesayangannya.

Gaya hidup brutal remaja saat ini nyaris dijumpai disetiap pelosok daerah dan situasinya tak terbendung. Mereka membentuk koloni, komunitas dan circle kekuatan. Komunitas mereka tak segan menyakiti, menganiyaya bahkan membunuh. Entah apa yang mendorong mereka berbuat sesadis itu.

Para pakar dan praktisi pendidikan, pegiat perlindungan anak, Psikiater, ahli hukum, dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat angkat bicara tentang kasus Cimanggu ini. Keprihatinan dunia pendidikan kian mendekati titik nadir.

Menegakan peraturan tegas di sekolah merupakan tantangan hebat. Ada ancaman HAM yang siap membenturkan siapapun.

Peristiwa bullying tak boleh dibiarkan berkelana didunia pendidikan kita. Korbannya akan mengalami trauma berkepanjangan, bahkan akan sulit berdamai dengan jiwa yang tersakiti hingga puluhan tahun.

Mari setiap kita menjadi bagian solusi yang mencerahkan dimanapun dan kapanpun.***(MY)

Rjg, 28092023


0 Comments