Gelaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 Di Bumi Anoa Kendari Sultra Resmi Ditutup Oleh Sekjend Kemenag RI M. Nizar

Yaminsarbini.Com,- Gelaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 di Bumi Anoa Kendari Sultra resmi ditutup oleh Sekjend Kemenag RI M. Nizar. Banten dinobatkan sebagai juara umum dengan mengoleksi 4 emas dan 6 perak di susul Jatim dan Jateng diurutan kedua dan ketiga.

KSM merupakan ajang prestisius didunia pendidikan sekaligus panggung bagi siswa berprestasi. Ajang inspiratif ini diikuti 375 siswa pilihan utusan provinsi se NKRI.

KSM mulai digelar pada 2012 dan sejak 2018 terus berevolusi, mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai keIslaman. KSM menjadi bukti evolusi madrasah untuk terus bertumbuh dan mengantisipasi segala dampak kengerian transformasi teknologi.

KSM membangun ghirah kompetisi sains dikalangan siswa madrasah. Dan dalam perkembangan selanjutnya, KSM akan Go Internasional yang kepesertaannya melibatkan negara-negara sahabat.

Para siswa yang berlaga dalam kancah KSM nasional adalah mereka yang sudah bersimbah keringat, berproses panjang dengan mengorbankan rasa dan tetesan  air mata. Medali dan juara bukanlah tujuan utama karena yang mereka perjuangkan adalah kemuliaan dan martabat madrasah.

Mereka para juara ditempa dengan latihan panjang dan kepayahan. Support dan doa dari guru dan orang tua tiada putus serta didukung dengan ekosistem belajar yang menyenangkan. 

Tradisi juara akademik yang mengakar telah menjelma menjadi  ikon besar madrasah sehingga menghantarkan ke jenjang juara dan prestasi yang menghebatkan.

Namun masih banyak pilihan untuk menjadi hebat dan berprestasi. Kita tidak harus berkecil semangat apalagi harus  memaksakan  untuk berjaya hanya diajang KSM. Masih banyak ajang bergengsi lain yang digerakan oleh Kementerian Agama seperti MYRES, Madrasah fest, Robotik dll.

Setiap anak adalah istimewa dan seperti menurut Howard Gardner dari Harvard University, bahwa ada kecerdasan unik lain yang ada di setiap anak seperti kecerdasan linguistik, kinestetik maupun kecerdasan musikal.

Mari terus gali setiap kecerdasan majemuk itu agar setiap anak tetap bangga dengan prestasi yang dimiliki.

KSM wadah yang tepat bagi siswa yang memiliki kecerdasan akademik atau intelektual mumpuni.  Kita wajib memotivasi siswa untuk berada dipanggung itu, agar harapan dan cita-cita nya mewujud.

Namun kita tetap harus mendorong agar potensi besar yang anak miliki terus bertumbuh dan melahirkan prestasi dibidang lainnya.

Selamat untuk Banten yang berhasil meraih puncak prestasi, semoga menjadi spirit dan menyemangati para siswa madrasah lainnya.

Balaraja, 08 09 2023

0 Comments