-->

Friday, 8 January 2021

HAB KE-75 SANGAT BERSAHAJA


Sejak ditetapkan tanggal 3 Januari 1946, Indonesia resmi memiliki Kementerian agama yang mengurusi agama, pendidikan agama dan keagamaan. H.M Rasjidi diamanahi sebagai Menteri agama pertama, ia dikenal sebagai ulama yang berlatar belakang pendidikan islam modern.

Setiap tanggal 3 Januari, keluarga besar Kementerian agama merayakan “lebaran” Hari Amal Bakti (HAB) dengan penuh suka cita.  Tahun 2021 Kemenag memasuki usia 75 tahun, usia yang sudah memasuki tingkat kematangan prima.

Wabah pandemic Covid-19 tidak menyurutkan semangat merayakan hari bersejarah itu. Kemenag Kabupaten Tangerang menyelenggarakan HAB secara virtual, dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) pusat pemerintahan daerah Kabupaten Tangerang, dihadiri hanya 30 orang peserta  dan menyebar di 99 titik lokasi penyelenggaraan. Lebih dari 2000 orang yang  hadir mengikuti apel secara virtual itu.

Amanat Menteri Agama dibacakan oleh Wakil Bupati H. Mad Romli selaku Pembina upacara. Semangat ukhuwah, moderasi beragama, penguatan literasi keagamaan dan teknologi digital menjadi sorotan utama Menteri agama RI. Disamping itu, issu kekinian seperti wabah pandemik turut diangkat sebagai pengingat sekaligus menjadi kewaspadaan seluruh pegawai. 

Saat situasi normal biasanya seluruh pegawai dan karyawan Kemenag berduyun dan tumpah hadir di lapangan kebanggaan Pemda Kabupaten Tangerang di Tigaraksa. Bagi pegawai yang berada di pelosok dan jauh dari pusat pemerintahan Pemda, hadir di Tigaraksa merupakan kemewahan, kebanggaan sekaligus media hiburan tahunan.

Namun ketika penyelenggaraan HAB di lokasi dan titik yang telah ditentukan, suasana kidmat, sumringah dan kebersahajaan tetap menjadi pemandangan yang menggugah serta membanggakan. Antusias pegawai pada selasa  tanggal 5 Januari  2021, dipagi buta yang mendung, telah bersiap hadir di ruang yang sudah tertata rapih dengan protokol kesehatan yang ketat. Saat Kepala Kankemenag  H. Dedi Mahfudin  menyapa ramah di titik Madrasah dan KUA, senyum mengembang penuh kesahajaan memantul dari peserta apel yang berseragam putih hitam itu.

Dalam upaya  percepatan program, Kemenag Kabupaten Tangerang pada 6 Januari 2021 melounching tagline BERSAHAJA (bersih, sehat, harmonis, bersahaja) sebagai bentuk ikhtiar spirit menjadikan Kemenag Kab. Tangerang menjadi lebih baik dan melahirkan “Kemenag baru” yang ditandai dengan tiga kata kunci utama, yaitu manajemen pelayanan dan tata kelola biroraksi yang baik, penguatan moderasi beragama dan mengokohkan persaudaraan. Seperti yang menjadi harapan Menteri agama yang baru, Yaqut Cholil Qoumas.

“Indonesia Rukun” merupakan tema yang diusung pada HAB ke 75 tahun 2021 karena sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan  kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. Semangat kerukunan dapat diambil dari saripati ungkapan Sayidina Ali yang populer “Mereka yang bukan saudaramu dalam iman adalah saudaramu dalam kemanusiaan.” 

Ditengah suka cita merayakan HAB, tanggal 3 Januari 2021  kita dikejutkan dengan berita duka  berpulangnya  Dr. H. Ali Taher anggota DPR dari Fraksi PAN. Tentu kita merasa kehilangan karena selama ini beliau amat dekat dengan keluarga Kementerian Agama. Ia begitu mencintai Kemenag dengan banyak memberi dukungan sekaligus kritik solutif untuk membangun. Sebelumnya kita juga kehilangan beberapa ulama dan tokoh kharismatik yang telah wafat meninggalkan kita semua. Selamat Jalan, kemuliaan telah menantimu di alam keabadian.   (Rajeg, 8 Januari 2021.    #madyamin#)

 

 

 

Post a Comment