-->

Thursday, 20 August 2020

Guru Rendah Hati Itu Telah Berpulang

YAMINSARBINI.COM - Malam itu saya dan beberapa sahabat guru madrasah berencana menjenguk pak Fei (sapaan akrab pak Syafei)  untuk kedua kalinya. Setelah mendengar kabar bahwa kondisinya kian memburuk. 

Pa Fei dikenal sebagai guru pembelajar dan pekerja keras. Ia amat disiplin dalam segala hal. Suatu hari kami akan menghadiri  acara PGMI dan kami bersepakat pukul 06.00 pagi berangkat. Pukul 05.15 ia sudah stanby di lokasi pemberangkatan.

 Guru Rendah Hati Itu Telah Berpulang

Banyak teman guru yang berhutang budi kepadanya. Ia tak segan berbagi ilmu dan pengalamannya untuk kemajuan pendidikan. Semangatnya tak pernah pudar dalam mencari hal baru dalam pembelajaran. Di hari sabtu dan ahad mungkin sebagian kita berlibur, namun bagi pak Fei, hari itu ia gunakan untuk mengikuti pelatihan.

Beberapa buku buah karyanya sudah diterbitkan. Dulu, ia sering sekali mengajak berdiskusi untuk melahirkan karya tulis yang bisa dipublikasikan. Saya sering memacu beliau untuk segera memulai menulis, dan ternyata mimpinya ia wujudkan, sementara saya yang rajin menyemangati tertinggal jauh.

Dikalangan anak didiknya,  pak Fei dikenal sebagai guru paling disiplin, tampilannya selalu rapih dan full senyum. Beberapa tahun ia memperoleh predikat guru pavorit di madrasahnya. Kesukaanya terhadap dunia seni suara,  seringkali ia didapuk untuk memimpin paduan acara dalam acara penting di madrasah.

Malam kamis pukul 21.11 wib, kami berencana menggalang dana kemanusiaan untuk membantu pa Fei berobat, setelah 3 bulan ia berjuang menahan sakit. Pukul 21.38 kami menerima kabar bahwa pa Fei sudah menghembuskan nafas terakhirnya.

Lemas seketika, masih belum percaya. Saya mengontak teman yang rumahnya dekat dengan tempat tinggal pa Fei. Dan benar, kabar mengejutkan itu membuat kedua lutut saya bergetar. Pa Syafei sudah wafat. Innalillahi wainnailahi rojiun.

Kami para guru, sahabat dan anak didiknya kehilangan sosok inspiratif, guru yang rendah hati  dan pejuang literasi. Pa Fei meninggalkan kami untuk selamanya dan Allah sangat menyayanginya.

Selamat jalan sahabatu, tempat terbaik di surga menantimu. (MY)

Rajeg 12 08 2020

#pgmi berduka$@

Post a Comment