-->

Wednesday, 8 April 2020

Melepas Angkatan Hebat Tahun 2019 - 2020 Dengan Cinta

YAMINSARBINI.COM - (Untukmu Kelas Akhir) Semua rencana pupus, persiapan untuk melewati Ujian Nasional kandas. Tak ada angin yang mengabarkan bahwa kami sedang dikepung kekhawatiran memuncak. Wabah pandemik global mengakhiri kisah sebelum lakon dimainkan.

Melepas Angkatan Hebat Tahun 2019 - 2020 Dengan Cinta

Tak perlu kalian merunduk lantaran bersimbah duka. Kalian angkatan pamungkas untuk akhiri drama ujian nasional. Kalian adalah angkatan kesatria yang dipersiapkan negara untuk melawan keangkaramurkaan. Dan kalian adalah angkatan terbaik yang mengikis habis semua dusta. Covid -19 mengajarkan kita untuk berdiam sejenak di rumah bersama keluarga, sambil bercengkrama walau waktunya tak pernah diketahui hingga kapan. 

Kadang ada rindu nasihat guru, kadang ada rindu bertemu teman yang jahil dan cerewet itu. Rindu kepada sekolah yang telah mengajarkan kebaikan dan seonggok sesal. Kini saatnya kalian istirahat mengurai lelah merajut mimpi.

Tuhan sedang menguji kita bahwa ikhtiar tidak selalu berbanding lurus dengan hasil. Bahwa manusia hanya mampu berencana, namun Tuhan yang pastikan.

Percayalah, perjuangan kalian dalam menuntaskan belajar pasti berbuah indah walau usai sebelum waktunya. Menyelesaikan ratusan soal latihan ujian, tentu menguras energi dan pikiran, namun pada akhirnya tanpa diujian-kan. Tak ada yang sia-sia, semua pasti ada hikmahnya.

Tidak perlu kalian tangisi karena keringat masih tertahan, karena peluru belum dimuntahkan. Tahun ini tidak ada curat coret baju ketika pesta usai. Tidak ada lagi konvoi dan arak-arakan keliling kota menyambut kemenangan. Karena semua tahu bahwa itu budaya bar bar,  budaya yang tak pantas dipertahankan.

Mungkin kalian sudah menyiapkan agenda acara pelepasan dengan matang. Ada tarian gemulai yang indah memesona, ada nyanyian haru tentang cinta dan persahabaran, ada upacara adat yang menguras air mata, simbol keagungan kemanusiaan. Dan bahkan ada kalungan bunga tanda kasih dan persahabatan yang tak akan lekang. 

Mungkinkah semua itu bisa dipentaskan, diatas panggung berhias kilauan cahaya, dihadiri oleh ratusan pasang mata orang tua dan teman setia seperjuangan.

Kepada kalian, mari merayakan kelulusan tahun ini dengan munajat doa, bersimpuh kapada Allah yang maha perkasa, mudah-mudahan wabah corona segera berakhir.

Tangerang, 30 maret 2020
Gurumu

Post a Comment