-->

Friday, 21 February 2020

Memasuki Tahun 2020, Tahunnya Pendidikan Di Indonesia

Negeri ini tak pernah reda dari hiruk pikuk demokrasi dan kebisingan politik, kadang bisa melenakan kita semua. Padahal sejatinya isu membangun sumber daya manusia menjadi prioritas utama bila negeri ingin digjaya dan diperhitungkan dunia.

Melihat hasi survei Programe For International Student Assessment (PISA) 2018, Indonesia berada pada urutan 74 dari 79 negara yang disurvei. Dari tiga kategori yakni matematika, membaca dan sains, Indonesia mendapat nilai jeblok. Skor terburuk ada pada kategori membaca, ini menunjukan literasi infonesia masih sangat rendah dibandingkan negara tetangga seperti singapura yang bertengger diurutan kedua setelah China.

Memasuki Tahun 2020, Tahunnya Pendidikan Di Indonesia
Source Pict: Google

Saatnya pendidikan di Indonesia terus bergerak, merangkai kemajuan dan mengusung prestasi melangit.

Gebrakan Mendikbud Nadiem Makarin melalui merdeka belajar dan guru penggerak terus dikawal dan dikriritisi agar mewujud, dan bukan sekadar wacana, lalu menguap hilang.

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang dinakhodai Prof Rizal dan DR Novi, terus ditularkan dan didesiminasikan ke banyak sekolah dan madrasah. Semangat berbagi untuk indonesia maju jangan kendur meski dalam segala keterbatasan.

Perjuangan PGRI, PGMI dan organisasi perjuangan guru lainnya, terus digelorakan dalam mengangkat martabat guru indonesia. Guru harus memiliki kepercayaan diri yang utuh, terangkat motivasinya dalam mendidik siswa, membimbing anak yang serba terbatas.

NU, Muhamadiyah, Persis, Matlaul Anwar dan organisasi keagamaan lain melalui semangat dakwah dan jihad, terus memandu dan berkhidmat untuk umat, agar Indonesia berkemajuan yang rahmatan lilalamin, hadir menjadi penyejuk bagi semesta dan rakyat infonesia.

Para pemimpin, pegiat pendidikan, insan pers, LSM dan lembaga pendidikan, saatnya kita bersatu, bertekad bulat, bervisi majukan pendidikan indonesia. Mengangkat marwah pendidikan yang berakhlak dan bermutu tinggi.

Debat tak berujung, saling menyalahkan dan merendahkan, merasa paling besar dan hebat, merasa paling benar dan kuat hanya akan melemahkan sekaligus melumpuhkan perjuangan suci.

2020 tahun pendidikan, Insya Allah menghantarkan Indonesia lebih maju dan gemilang. (*)

#rajeg 01 02 2020
Ketua PGMI Kab. Tangerang.

Post a Comment