-->

Saturday, 7 September 2019

GSM : Gerakan Evolusi Pendidikan Bermartabat

Awalnya saya ragu dengan undangan Workshop GSM ( Gerakan Sekolah Menyenangkan) dari Sinar Mas Group. Model konsep pendidikan apalagi yang akan ditawarkan untuk membangun pendidikan kita yang hari ini masih tertatih tatih, dan masih mencari-cari model ideal.

GSM : Gerakan Evolusi Pendidikan Bermartabat

Keraguan saya akhirnya terjawab tuntas setelah dengan seksama saya mengikuti workshop selama 4 hari, 27 - 30 agustus 2019 di BSD City. GSM ternyata menawarkan paket pembelajaran menarik penuh warna. Setiap individu anak dihargai, penuh toleran dan berkeadilan. Dan yang teramat penting, setiap guru dan siswa merayakan kebahagiaan setiap saat. Karena setiap sesi dan ekosistem belajar diciptakan menarik dan menyenangkan.

Ada banyak konsep yang terkesan kontra dan berbenturan dengan konsep yang ada, misalnya model evaluasi, kompetisi siswa, metodologi dsb. Namun semangatnya tetap sama, membangun karakter baik untuk meraih prestasi yang terbaik. Selama ini sekolah hanya sibuk dengan prestasi akademik, monitoring dan para guru disibukan dengan ragam adminitrasi, perangkat dan pelaporan.

GSM : Gerakan Evolusi Pendidikan Bermartabat


Bila guru dan siswa sudah mulai betah di sekolah dan menikmati proses pembelajaran dengan ceria, maka maknanya GSM sudah mulai tumbuh di sekolah. Kelas tertata rapi, bersih dan nyaman, tak ada hukuman menakutkan, tak ada ancaman yang menyeramkan. Inilah hakikat GSM mulai mengakar di sekolah.

Empat hari terasa sebentar, karena Muhamad Rizal P.hd dsn DR. Novi sang penggagas GSM berhasil menghipnotis peserta untuk tak sabar wujudkan GSM di sekolah. Pak Rizal mampu membuka mindset dan pola pikir guru yang selama ini telah tersesat dalam tugasnya.

Saya merenung lama, ketika dalam perjalanan pulang membayangkan, bila saja GSM menjadi gerakan nasional yang masif, didukung oleh stakeholder pendidikan, maka karakter dan prestasi bangsa yang membanggakan akan lahir di abad ini. Semoga.

BSD City 27 30 08 2019

Post a Comment